Cara Membuat Bakso Herbal

Cara Membuat Bakso Herbal
Bakso merupakan makanan yang tak asing lagi bagi semua orang baik dalam negeri maupun luar negeri. Saat ini bakso memiliki banyak variasi dalam penyajian, rasa serta isian. Bakso paling umum adalah bakso sapi yang di hidangkan dengan bihun atau mie kuning, tahu, daun seledri, daun bawang dengan siraman kuah kaldu hangat.
Sejarah Bakso
Bakso berasal dari China, pertama kali dibuat oleh seorang bernama Meng Bo pada abad ke-17 atau disebut Dinasti Ming di kota Fuzhou. Pria ini dikenal amat berbakti kepada orang tuanya terutama ibunya. Ibu Meng Bo sangat menyukai daging sampai pada suatu ketika ibunya yang sudah bertambah tua tidak bisa lagi memakan daging karena giginya tidak mampu mencerna makanan yang keras.
Meng Bo merasa kecewa sehingga dia mencari cara agar ibunya dapat memakan daging lagi. Suatu hari Meng Bo melihat tetangganya sedang menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi, kemudian Meng Bo mencoba menerapkan cara tersebut ke daging dengan menumbuk daging tersebut hingga lembut dan membuatnya menjadi bola-bola daging kecil yang kemudian ia rebus dan diberikan kepada ibunya.
Usaha Meng Bo tidak sia-sia, ibunya menyukai bola-bola daging yang lembut tersebut dan kabar mengenai bola-bola daging ini tersebar keseluruh kota sehingga membuat orang-orang datang kerumah Meng Bo untuk belajar bagaimana cara membuatnya. Bola-bola daging tersebut yang kini kita kenal dengan nama bakso.
Bakso terdiri dari 2 kata yaitu Bak yang berarti daging babi dan So yang berarti sup sehingga kata bak dan so jika digabungkan menjadi sup daging babi. Sedangkan menurut Bahasa Hokkein bakso berarti daging giling.
Bakso di Indonesia
Bakso menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia ini bermula dari pedagang China yang menetap di negara kita. Ia memperkenalkan bakso yang saat itu masih berbahan dasar daging babi. Karena mayoritas masyarakat Indonesia tidak memakan daging babi maka akhirnya bakso dibuat dengan olahan daging sapi. Selain daging sapi, daging ayam maupun ikan pun juga bisa diolah menjadi bahan dasar bakso yang tidak kalah enaknya dari daging sapi.
Lambat laun bakso menjadi makanan paling digemari oleh semua kalangan baik tua maupun muda karena rasanya yang lezat. Ada banyak penjual bakso di Indonesia entah itu di pedagang kaki lima ataupun restoran bakso menjadi makanan yang tidak sulit untuk dicari bahkan saat ini sudah ada bakso yang di bekukan disertai bumbu kuah bakso instan sehingga memudahkan kita untuk membuat sendiri dirumah tanpa perlu repot untuk mengolah daging.
Saat ini bakso memiliki bermacam variasi bentuk, isian dan rasa. Seperti bakso kabut yakni bakso dengan bola-bola daging yang dibalut dengan telur, ada pula bakso keju berupa bakso dengan isian keju didalamnya, ataupun bakso urat yang dibuat lebih kasar dan diberi campuran urat sapi di dalam adonannya. Adapula bakso ayam dan bakso ikan yang harganya lebih terjangkau dibandingkan bakso sapi.
Selain bakso dengan rasa menggiurkan ada pula bakso yang menyehatkan, bakso ini bernama bakso herbal dimana kuah dari bakso mengandung rempah-rempah yang dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh.
Bakso Herbal
Bakso ini menggunakan beberapa rempah dalam kuahnya seperti jahe merah, sereh, dan alang-alang. Jahe merah memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh kita, selain menghangatkan badan si jahe merah ini juga bisa mengatasi gangguan pernafasan, maag,mengobati  sakit kepala, peradangan, nyeri sendi, batuk dan menstabilkan tekanan darah.



Sedangkan sereh dengan aromanya yang khas dapat membantu mengurangi gangguan lambung, insomnia, gangguan pernafasan atau asma, rematik dan enema, membantu mengurangi kelelahan,mengatasi bau badan, dll mengatasi bau badan, dll.
Rempah yang lain adalah alang-alang, biasanya kita melihat alang-alang tumbuh di sawah atau lapangan. Meskipun tanaman ini termasuk tanaman gulma bagi petani karena tak jarang merusak tanaman lain tapi ternyata manfaat dari alang-alang ini juga sangat besar. Salah satunya untuk mengatasi hipertensi, kencing batu, asma, hepatitis dan banyak penyakit lain.
Bakso herbal ini dibuat agar masyarakat dapat mengkosumsi makanan yang enak sekaligus sehat. Bakso ini memang masih jarang di jual tapi tidak usah khawatir karena bakso herbal ini sangat mudah dibuat sendiri dirumah.
Cara Membuat Bakso Herbal
Bahan bakso:
-          500 gram daging sapi/daging ayam/ikan yang telah digiling
-          150 gram wortel yang telah di parut
-          5 siung bawang putih yang dihaluskan
-          Serutan es batu
-          1 butir telur
-          100 gram tepung kanji
Bahan kuah bakso:
-          2 liter kaldu daging
-          3 siung bawang putih
-          2 jari jahe merah
-          2 batang sereh
-          Akar alang-alang secukupnya
-          Garam secukupnya
-          ½ sdt merica bubuk
-          1 sdt penyedap rasa
-          1 sdt gula pasir
Bahan pelengkap:
-          150 gram bihun
-          5 buah tahu yang telah digoreng
-          5 batang daun seledri
-          10 batang daun bawang
-          Bawang goreng
-          Saus tomat
-          Kecap manis
-          Sambal
Cara membuat :
1.      Campurkan daging giling, wortel, bawang putih, serutan es batu, dan telur ke dalam food processor. Tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit sembari diaduk hingga rata.
2.      Setelah tercampur rata tuangkan adonan ke dalam wadah. Uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket.
3.      Siapkan panci berisi air panas
4.      Buat bulatan-bulatan kecil dari adonan sedikit demi sedikit dan masukkan ke dalam air panas, masak bakso dengan api kecil, biarkan hingga adonan mengapung. Jika sudah mengapung tandanya bakso sudah matang. Angkat bakso lalu tiriskan.
5.      Untuk membuat kuah masukkan bawang putih yang telah dihaluskan,masukkan juga jahe merah dan sereh yang telah di geprek serta akar alang-alang kedalam air kaldu sisa rebusan bakso (tambahkan tulang belulang dari daging jika ada agar kaldu lebih kental dan nikmat).
6.      Setelah mendidih, saring air tersebut ke panci yang berbeda kemudian rebus kembali dengan menambahkan gula pasir, merica bubuk, penyedap rasa, dan garam secukupnya lalu aduk rata.
7.      Masak kuah dengan api kecil hingga mendidih.
8.      Rebus bihun ditempat terpisah, lalu tiriskan.
9.      Potong dadu tahu yang sudah digoreng, serta daun seledri dan daun bawang menjadi potongan-potongan kecil.
10.  Setelah semua matang dan bahan pelengkap siap maka bakso bisa disajikan dengan cara memasukkan bihun kedalam mangkuk kemudian tambahkan bakso, serta taburan daun seledri dan daun bawang. Terakhir tambahkan kuah bakso herbal hangat dengan taburan bawang goreng diatasnya.
11.  Saus tomat, kecap manis ataupun sambal bisa ditambahkan sesuai selera.
12.  Bakso herbal lebih enak dinikmati saat masih hangat.
Resep diatas sangat mudah dibuat dirumah, kamu bisa membuat bakso herbal ini untuk orang tua, keluarga, teman ataupun diri sendiri. Karena khasiatnya yang sangat baik untuk tubuh kamu jadi bisa menikmati bakso dengan rasa yang enak sekaligus membuat badan segar dan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Loading...