Cara Membuat Bakso Bakar


Baca Juga


Cara Membuat Bakso Bakar yang Enak. Musim hujan di indonesia berkisar antara bulan november sampai selesai. Saat musim hujan melanda orang-orang akan menjadi lebih pasif dalam beraktifitas disebabkan oleh rasa malas, mulai dari malas berkerja, malas sekolah, bahkan bagi para mahasiswa perantauan yang sedang kost saat merasa sangat lapar malas untuk keluar karena cuaca dingin yang melanda yang juga berakibat pada munculnya rasa ngantuk.
Cara Membuat Bakso Bakar

Solusi untuk melawan lapar ditengah hujan adalah dengan memasak sendiri bahan-bahan makanan yang ada. Salah satu alternatif makanan yang hangat serta menyehatkan adalah bakso, selain dari enak dan menhangatkan kandungan nutrisi dari bakso juga sangat baik bagi tubuh. Bakso memiliki beragam varian dan yang terbaru adalah munculnya bakso bakar yang disajikan dengan ditusuk seperti sate. Untuk membuat bakso tersebut digunakan resep sebagai berikut
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso bakar
·         Siapkanlah 500 gram daging sapi yang segar kemudian digiling
·         150 gram tepung sagu tani atau dapat menggunakan alternatif tepung kanji atau tepung tapioka
·         2 butir telur yang sudah siap pakai pecahkan dan gunakan putih telurnya
·         5 buah cabai rawit atau sesuai selera
·         4 siung bawang putih , dicincang halus
·         5 siung bawang merah , dicincang halus
·         3 buah cabai merah besar , haluskan
·         5 buah cabai rawit , haluskan
·         2 sdm gulah merah atau gula aren
·         8 sdm kecap manis atau secukupnya sesuai selera
·         8 sdm minyak goreng atau secukupnya
·         1 batang daun bawang , diiris tipis tipis
·         1sdt merica atau lada bubuk secukupnya
·         1 sdt (5ml menggunakan gelas takar) ketumbar yang dicincan halus atau dapat menggunakan ketumbar instan
·         1 sdm (15 ml menggunakan gelas takar) minyak wijen atau 15ml menggunakan gelas takar
·         1 sdt garam atau 5ml menggunakan gelas takar atau secukupnya sesuai selera
·         1 sdt atau 5ml menggunakan gelas takar  kaldu ayam bubuk atau dengan alternatif penyedap rasa sesuai selera (lebih baik rasa sapi)

Langkah pembuatan bakso bakar
Siapkan sebuah wadah besar untuk menampung tepung terigu/sagu serta tepung tapioka dengan daging sapi yang sudah dihaluskan menjadi sebuah adonan, serta tambahkan dengan irisan daun bawang , garam, gula dan kaldu serta bumbu lainnya kemudian tambahkan adonan telur yang sudah dikocok aduk merata.
1.       Tambahkan sedikit minyak dalam adonan jika terjadi pengentalan yang berlebihan pada adonan atau ditambahkan dengan sedikir demi seidkit air mendidih sambil terus mengaduk adonan secara merata.
2.       Ambillah sedikit adonan lalu bentuklah adonan menjadi bentuk bulat bakso, lalu keringkan selama waktu yang dibutuhkan.
3.       Panaskan air dalam panci lalu letakkan bulatan bakso kedalam panci dan biarkan sampai matang (sampai si bakso terapung). Angkatlah lalu tiriskan
4.       Buatlah adonan bumbu bakaran selagi menunggu bakso dingin. Siapkan mangkok lalu masukkan minyak secukupnya, kecap asin/manis , gula , garam , taburan cabai yang telah dicacah kecil lalu aduk sampai merata.
5.       Potong masing-masing bakso menjadi dua bagian, lalu celupkan pada adonan bumbu dan diamkan.
6.       Siapkan tempat untuk membakar bakso misalkan kompor batu bata dengan bahan bakar arang. Bakarlah bakso sampai ada warna kecoklatan.
7.       Bakso siap untuk disajikan
8.       Untuk 2 porsi

Nah, cukup mudah bukan? Dengan bahan-bahan yang mudah didapat, bahkan jika kalian masih merasa malas dapat menggunakan bahso instan yang sudah berbentuk bulat di pasaran, namun harus disterilkan terlebih dahulu dengan direbus atau direndam pada air mendidih. Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar